Home » » Batu Menhir Menjadi Wisata Alam yang Beda

Batu Menhir Menjadi Wisata Alam yang Beda

Written By Madura Aktual on Minggu, 21 Agustus 2016 | 04.55

Situs Batu Lawang / foto: istimewa
Madura Eks_Bondowoso: Salah satu obyek wisata di wilayah Kabupaten Bodowoso, Jawa Timur,  yang juga diminati wasatawan yakti Batu Menhir atau lebih dikenal dengan Batu Lawang, Obyek wisata ini  terletak di Dusun Krajan Desa Banyuputih Kecamatan Wringin Bondowoso.

Lokasin Batu Menhir tidak terlalu jauh dari tempat wisata pemandangan alam arak-arak sehingga tempat ini bisa dijadikan paket wisata untuk dikunjungi para wisatawan yang berminat berkunjung kesana.

Batu Lawang menawarkan keindahan wisata alam, di mana kita bisa menikmati suasana alam perbukitan yang hijau, serta panorama Alam dari ketinggian. Dari Batu Lawang, kita bisa melihat siluet bukit gunung Sokaan di dekat Bukit Pemandangan alam arak-arak serta panorama Pantai Besuki.

Dinamakan Batu Lawang, karena di tempat tersebut terdapat dua batu besar yang bersisian, sehingga membentuk celah di antaranya, dan menyerupai sebuah pintu. Batu ini terdapat lobang yang menyerupai pintu yang menjadi batas antara kedua sisi batu Menhir.

Menurut warga sekitar lokasi Batu Menhir atau batu Lawang adalah Batu yang pernah dijadikan tempat bersemedi KH.Abdul azis Pengasuh Pesantren Nurul Islam sesepuh Desa Banyuputih yang sakti dan sangat taat melakukan ibadah.

Menurut keterangan Abdul Wapi, Juru Pelihara situs-situs ini pada tahun 1990 sudah termasuk Batu yang harus dilindungi dan dilestarikan oleh Pemerintah.

“Pada tahun 1997 juga sudah diadakan penelitian oleh Arkeologi Pusat Jakarta yang menyimpulkan batu Menhir merupakan batu yang dibentuk alam pada jaman Pra sejarah yang keberadaannya harus dilestarikan oleh pemerintah sebagai cagar Budaya”.

 Batu Menhir sering dikunjungiwisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara salah satunya dari Perancis dan Amerika. (*)
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura